Games Edukasi Anak dengan Games Online Plays.org

Minggu, 28 November 2021

 Pengaruh Games Menurut Para Ahli


Games terutama games online sudah digemari banyak orang di Indonesia. Tanpa pandang gender dan usia. Menurut cerita teman Saya, saat dia jenuh dia memilih merefresh mood-nya dengan main game. Wah sebesar itukah efeknya? Seperti rekreasi sejenak buat otak yang lelah mikir keras ya? 


Menurut para ahli dan beberapa penelitian yang telah dilakukan, dilansir dari laman hellosehat sendiri, Saya mendapatkan informasi bahwa main games berpengaruh pada cara kerja otak dan strukturnya. Main games dikatakan meningkatkan daya berpikir dan meningkatkan konsentrasi. Kemampuan otak visuospasial (kognitif) yaitu kemampuan otak untuk menerjemahkan konsep visual yang dilihat oleh mata yang berkaitan dengan membaca jarak, membedakan bentuk dan warna serta pergerakan benda, detail, struktur dilebih dari satu dimensi. Para gamer juga mengalami perbesaran ukuran bagian otak hippocampus kanan yang menjadi tempat memori jangka panjang terbentuk di otak. 

Karena main games butuh konsentrasi, itu juga bisa menstimulasi neurotransmitter dopamin terkait daya ingat/memori.


Manfaat Main Games untuk Anak-anak


Kalau tadi bisa dikatakan untuk orang dewasa games bisa jadi rekreasi otak sejenak, kenapa tidak untuk anak-anak juga? Anak-anak juga bisa terhibur dan dapat manfaat dari games online. Mengingat kejenuhan pikiran di zaman sekarang tidak hanya ada pada orang dewasa, anak-anak juga sama sesuai porsinya mereka, bukan? Berikut beberapa manfaat main games untuk anak-anak :


  • Melatih Otak & Mental 
  • Melatih problem solving & logika 
  • Koordinasi tangan & mata 
  • Motorik halus & kemampuan spasial 
  • Mengerti instruksi & membuat rencana 
  • Berfikir cepat, meningkatkan analisa, mengambil keputusan cepat 
  • Paham strategi & antisipasi 
  • Kuat memori konsentrasi 
  • Berani ambil resiko & melatih cara hadapi tantangan
  • Mengenal teknologi 
  • Sarana belajar menyenangkan 
  • Kreativitas 
  • Meningkatkan percaya diri 
  • Membantu disleksia 
  • Pengetahuan baru 
  • Membantu mengendalikan emosi 

Peran Bijak Orang Tua Menyikapi Games Online


Seperti dua sisi mata uang, games ada dua sisi pandangan. Akan berpengaruh positif atau negatif tergantung dari bagaimana membatasinya dengan bijak. Disinilah peran orang tua dibutuhkan. Kecanduan games ditimbulkan karena berlebihan dalam memainkannya, tidak ada batasan-batasan pengendalian waktu bermain. Berikut poin-poin yang bisa diperhatikan sebagai orang tua :


  • Pastikan semua kewajiban anak untuk belajar materi sekolah telah terselesaikan lebih dulu 
  • Pastikan games dibatasi waktu misal hanya weekend, atau hanya 1 jam 
  • Perhatikan cahaya dari perangkat gadget, dalam batas aman tidak terlalu terang/silau 
  • Perhatikan posisi duduk yang benar saat main games online karena posisi terbaring beresiko banyak pada penglihatan
  • Pilihlah games edukasi anak-anak sesuai porsi umurnya, easy - difficult.
  • Hindari permainan games yang menampilkan kekerasan fisik 
  • Pilihlah games online yang dimainkan dalam website agar tidak perlu menguras memori handphone untuk menginstal 


Rekomendasi Games Online Berbasis Web


Games online berbasis web ini banyak pilihan sesuai usia dan sesuai tingkat kesulitannya, bervariasi tema, dan tentu saja tidak menguras daya memori handphone karena tidak harus install. Kebetulan anak Saya usia toddler, banyak pilihan games online untuk edukasi anak usia toddler dari plays.org yang beberapa telah Saya mainkan bersama anak Saya, Haikal Ali yang sekarang usia 4 tahun, usia yang harus banyak di stimulasi motorik halus sebelum persiapan kemampuan pra-tulis. Memencet - mencet layar games dengan telunjuk serta koordinasi mata juga bagus menstimulasi kemampuan pra-tulisnya loh, yuk simak beberapa review games edukasinya : 




Plays.org
Games online anak di plays.org


Pada permainan ini tingkat kesulitannyInia mudah, cara kerjanya menghubungkan titik demi titik tidak boleh terputus saling berhubungan diurutkan sesuai nomer lalu dititik akhir sampai semua terhubung, gambar akan terbentuk menjadi hewan laut animasi dengan warna menarik khas anak-anak. Games ini tentu membantu anak-anak menambah pengetahuan hewan lait, juga belajar angka urut, dan motorik halus menghubungkan titik-titik teliti dengan ujung jari.



Games online plays.org


Pada permainan ini tingkat kesulitannya mudah, cara kerjanya mencocokan gelembung alfabet dengan alfabet yang ada di dalam peti harta karun dibawahnya. Setelah semua terpasangkan dengan sesuai. Akan ada voice note yang melafalkan kata yang berawalan dengan huruf alphabet tadi. Misal "A" , "Apel" dan lain sebagainya. Anak-anak diajak menambah kosakata bahasa Inggris dengan menarik.



Games edukasi anak-anak plays.org


Pada permainan ini tingkat kesulitannya mudah, cara kerjanya adalah membuka mystery box yang berisi gift dengan cara di tap ke layar menggunakan jari, nah isi gift ini sebenarnya bertujuan menambah kosakata kebendaan anak kita, lalu harus swipe up dengan jari sesuai bentuk huruf yang muncul  seperti "C" for "Cat" dan yang lainnya. Gift dan letter alfabeth ini nanti yang akan dance party dengan Sesame Street Big Bird dan si Snuffy. 


Wah seru ya game online buat toddler di rumah, memang website Plays.org ini tempat game online edukasi anak based website yang super lengkap sesuai usia. Kalian wajib coba bersama si kecil ya, tentunya dengan pengawasan kedua orang tua. 



9 komentar on "Games Edukasi Anak dengan Games Online Plays.org"
  1. Bener banget setuju sama penjelasannya mom 🀩😍

    BalasHapus
  2. Ada manfaatnya juga ya main games 😍

    BalasHapus
  3. Makasih mom infonya, jadi bisa lebih ada aktifitas dirumah untuk buah hati 😘

    BalasHapus
  4. Mau cobalah sepertinya game nya seru2

    BalasHapus
  5. suka bgd sama penjelasan nya ❤️

    BalasHapus
  6. Aku suka worry deh kalo kasih anak games2 online skrg ini, kebanyakan gak bermanfaat. Makanya lg nyari games online yg lbh banyak edukasinya..makasih mam iput udh KSH informasi penting dan bermanfaat begini. Aku coba deh ke anak aku, semoga dia suka

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9