Solusi Mata Kering: Must Have Item Untuk Si Digital Savvy

Minggu, 21 Januari 2024

 





Sejak pandemi tahun 2019 sampai saat ini banyak ditemukan inovasi digitalisasi di segala aspek kehidupan masyarakat. Hal itu terjadi karena dengan digitalisasi mampu meminimalisir interaksi atau kontak langsung antar manusia serta menekan angka penularan penyakit. Tidak hanya itu, digitalisasi dinilai lebih efisien waktu, tempat, dan tenaga. Banyak dari para digital savvy yang justru merasa lebih nyaman menjalani Work From Anywhere atau remote bekerja dari manapun. 


Digital savvy atau orang yang mampu beradaptasi terhadap kemajuan teknaologi digital, biasanya mereka justru menikmati remote job, yang hanya dari balik layar gawai saja mampu mengerjakan banyak tugas sekaligus.  Bayangkan saja, sembari santai, bisa mengikuti webinar pelatihan, pekerjaan, sekaligus belanja online hanya dari rumah.


Tapi, perlu diingat bahwa setiap hal punya konsekuensinya, dimana para digital savvy punya waktu akses layar gawai lebih banyak dalam kesehariannya. Dan kita ketahui bersama semua layar gawai terutama yang akrab kita gunakan seperti handphone, memiliki sinar radiasi yang dapat mempengaruhi kesehatan mata kita.  Jadi para digital savvy harus bijak dalam penggunaan gawainya sehari-hari.



Gejala Mata Kering 


Sinar radiasi layar pada gawai dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan mata. Mulai dari penglihatan kabur, mata kering, mata perih, mata gatal dan memerah, mata sepet, mata pegel dan iritasi. Gejala mata kering dapat bervariasi mulai dari yang ringan hingga berat.


Dilansir dari laman Alodokter, berikut beberapa gejala umum penderita mata kering diantaranya:


  • Mata merah
  • Mata terasa panas
  • Mata terasa seperti berpasir atau ada yang mengganjal 
  • Mata berair karena iritasi pada mata
  • Sensitif terhadap sinar matahari
  • Penglihatan buram dan membaik saat berkedip
  • Lendir di dalam atau sekitar mata terutama saat bangun tidur
  • Mata terasa cepat lelah



Penyebab Mata Kering



Kondisi mata kering terjadi karena mata kurang mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata. Normalnya air mata melumasi permukaan mata saat mata berkedip, namun ada kondisi dimana produksi air mata berkurang sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada area mata kita. Air mata sendiri mengandung air, garam, minyak, lendir, dan protein.



Tidak hanya sebagai pelumas agar permukaan bola mata tetap halus, namun air mata juga berfungsi untuk melindungi mata dari benda asing / unsur yang menggangu / kuman penyebab infeksi.



Selain produksi air mata yang berkurang / mengalami gangguan, berikut beberapa kondisi seseorang memiliki kecenderungan terkena sindrom mata kering, diantaranya : 



  • Wanita umumnya lebih sering mengalami gejala mata kering karena perubahan hormon saat KB, bisa juga saat faktor usia berkisar diatas 50 tahun khususnya saat pasca menopause
  • Pengguna lensa kontak
  • Sering berada di tempat berdebu, berasap / asap rokok, berangin terutama saat tidak memakai pelindung kepala atau pelindung mata saat berkendara.
  • Terlalu lama menatap layar gawai digital seperti menonton televisi, bermain game online, layar handphone  (screen time) per hari. 
  • Memiliki riwayat penyakit mata / operasi mata seperti lasik, beberapa orang setelah lasik biasanya mengalami sindrom mata kering.
  • Pengguna obat-obatan untuk penyakit mata maupun penyakit tertentu, penderita penyakit metabolisme seperti  diabetes melitus .



Meski biasanya tidak menimbulkan gejala serius, namun masalah mata kering tidak boleh diabaikan begitu saja harus ditangani secara tepat sebelum mengalami komplikasi seperti infeksi mata, keratitis, kerusakan pada kornea, ulkus kornea, konjungtivitis, dan gangguan penglihatan.




Solusi Mata Kering para Digital Savvy



Untuk para digital savvy selain kita melakukan upaya pencegahan, namun saat sindrom mata kering terjadi, kita bisa melakukan perawatan dan penanganan mandiri di rumah dengan menggunakan air mata buatan yang di khususkan penggunaannya untuk mengatasi dan meringankan mata kering seperti Insto Dry Eyes.



Insto Dry Eyes tersedia dalam ukuran 7,5 ml ini  mengandung Hydroxypropyl Methylcellullos 3.0 mg dan Benzalkonium Chloride 0.1 mg. Kelebihan #InstoDryEyes #SolusiMataKering yang berfungsi untuk :


  • Mengandung bahan aktif yang bekerja memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering.
  • Mengandung bahan aktif yang dapat meringankan iritasi mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata
  • Bisa digunakan sebagai pelumas mata palsu


Produk Insto Dry Eyes ini mudah di dapatkan di e-commerce, jangan lupa jaga kebiasaan hidup sehat agar terhindar dari sindrom mata kering ya digital savvy ! 



16 komentar on "Solusi Mata Kering: Must Have Item Untuk Si Digital Savvy"
  1. mataku sering sepet setelah berhadapan dengan laptop, solusinya aku juga pakai Insto

    BalasHapus
  2. Mataku sering kering, dan kebiasaan natap gadget lama. Kadang tiba-tiba keluar aja air mata padahal lagi gak nangis. Baru tahu ada insto dry eye untuk mata kering. Next wajib sedia nih, soalnya mata kering benar-benar gak enak hiks

    BalasHapus
  3. mataku lumayan kadang suka kering juga soalnya hampir tiap hari mantengin gadget dan laptop, tapi kalo setiap kering pake insto ini aman ga sih kira"?

    BalasHapus
  4. Sebagai pekerja digital yang sehari-hari berhadapan dengan layar laptop, adanya insto dry eyes ini sangat membantu mengatasi mata kering karena terlalu lama di depan gadget

    BalasHapus
  5. Barusan aku ngeluh mata kering dan berasa lelah banget. Butuh Insto dry eyes nih kayaknya. Pengen beli dan stok di rumah biar ada solusi cepat pas mata kering.

    BalasHapus
  6. Ini sih andalan aku banget buat dibawa kemana2. Apalagi seharian di kantor pasti tatapan terus sama layar laptop. Tiap mata mulai kerasa ga nyaman, langsung deh aku tetesin pakai Insto Dry Eyes hhe

    BalasHapus
  7. bener banget instri dry eyes ini memang must have item sie dirumah menurutku gak cuma untuk pekerja digital saja tapi karena sekarang memang kita cenderung lebih banyak berinteraksi dengan layar gedget juga..apalagi anak2 klo suda ngegame beuhhh bisa lupa waktu ;(

    BalasHapus
  8. Saya juga nih suka banget kerja lembur depan laptop. Tetapi memang sudah stand by Insto untuk jaga-jaga kalau lagi mata kering

    BalasHapus
  9. Insto ini membantu banget ya buat bikin mata lebih relax, relate banget apalagi di jaman yang serba digital. Pasti obat tetes mata jadi bestie

    BalasHapus
  10. Pantesan mata gampang kering dan merah ya karena kita kerja pakai gawai & laptop terus. Wajib nyetok Insto jadinya

    BalasHapus
  11. Insto ini andalan buat mata. Aku udah langganan pake & stok jg di rumah. Kalo mata kering langsung tetes deh

    BalasHapus
  12. Waaah samaan. Aku juga sedia Insto dry eyes di rumah kak. Bener-bener menolong pas mata kering kelamaan kerja di depan komputer

    BalasHapus
  13. sejak mulai covid banyak dirumah dan segala sesuatu banyaknya via gadget, sayapun sedia insto dry eyes di rumah mba, tosss

    BalasHapus
  14. Must item buat yang kerjanya di dunia digital dan depan layar berjam-jam.. Biar ga sampe iritasi dan bertamba minusnya

    BalasHapus
  15. Ngebantu bgt ya buat yg tiap jari lihatin layar, btw ini perih gak kak waktu di tetesin?

    BalasHapus
  16. Paling males emang kalau mata kering pas lagi kerja tuh, bikin pengelihatan jadi kabur. Untung aja ada insto dry eyes ini, aku juga selalu pakai di rumah.

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9