Selamat Hari Musik Nasional : Musik sebagai sarana pendukung tumbuh kembang anak

Selasa, 09 Maret 2021

Masih inget banget jaman aku masih sekolah, kakakku, aku, adik ku. Punya kebiasaan yang sama, belajar sambil dengerin musik. Terutama musik dari siaran radio favorit kita dulu jaman sekolah dari tahun 90-an.

Menurut kita, dengerin musik sambil belajar adalah penyemangat, pengatur mood jadi lebih baik, pengurang stress, dan mudah mengingat apa yang kita pelajari saat itu.


Ngomong-ngomong tentang Hari Musik Nasional, aku ucapkan "Selamat Hari Musik Nasional" ya.
Sebelum aku sharing pengalaman aku sehari-hari dengan musik, yuk ulas dulu apa sih musik itu?

Apa itu Musik?

Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik termasuk sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki, dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. (Source: Wikipedia)

Lalu apa yang dimaksud Musik Nasional?

Musik nasional adalah karya musik dan lagu yang bertemakan cinta tanah air Indonesia untuk membangkitkan rasa nasionalisme, patriotik, dan dikenal masyarakat secara nasional sebagai bentuk apresiasi perjuangan pahlawan yang sudah berjuang demi Indonesia dan menumbuhkan semangat perjuangan generasi muda. Musik dan lagu nasional Indonesia diantaranya:
  1. Bagimu Negeri cipt. Kusbini
  2. Indonesia Pusaka cipt. Ismail Marzuki
  3. Garuda Pancasila cipt. Prohor Sudarnoto
  4. Ibu Kita Kartini cipt. WR Supratman
  5. Halo-Halo Bandung cipt. Ismail Marzuki
  6. Rayuan Pulau Kelapa cipt. Ismail Marzuki
  7. Berkibarlah Benderaku cipt. Ibu Sud
  8. Syukur cipt. H Mutahar
  9. Gugur Bunga cipt. Ismail Marzuki
  10. Desaku yang Kucinta cipt. L Manik,
 Sejarah Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional jatuh setiap tanggal 9 maret, bertepatan hari lahir pahlawan nasional Wage Rudolf Soepratman. Melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 tentang Hari Musik Nasional. (Wikipedia)


Nah, udah inget kan jaman SD nyanyi lagu-lagu diatas? 
Lagi upacara pas bagian menyanyikan lagu Indonesia Raya, perasaan hati dan tubuh kita bereaksi menjadi menggebu-gebu penuh semangat. Iya gak?
Jadi, apa pengaruhnya musik dan tubuh kita sebenarnya??? Simak yuk..

Hubungan Musik dengan Tubuh kita

Penelitian mengatakan mendengarkan musik kesukaan kita akan mendorong otak kita mengeluarkan hormon kimia dopamin yang memengaruhi berbagai aktivitas manusia dan memberikan efek positif pada suasana hati kita. Hormon dopamin disebut pengendali emosi. Kekurangan pelepasan hormon dopamin akan membuat suasana hati buruk bahkan depresi.
(Alodokter)

Kita merasakan emosi yang kuat seperti kebahagiaan, kesedihan, ketakutan, bahkan mempunyai kekuatan untuk menggerakkan hati kita. Musik juga memiliki kekuatan untuk kesehatan tubuh kita.

Mendengar musik bertempo cepat meningkatkan detak jantung dan semangat. Musik bertempo lambat memberi efek menenangkan dan rileks. 
Itulah kenapa musik untuk senam berbeda dengan musik pengantar tidur bukan??? 😂

Balik lagi ke Musik mempengaruhi suasana hati lewat hormon dopamin tadi, nggak heran ya kalau pihak tenaga kesehatan memakai musik sebagai sarana buat terapi emosi anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. Anak-anak dengan gangguan spektrum autisme yang diperdengarkan musik menunjukkan tahap perbaikan yang lebih baik dalam hal sosial emosi, interaksi sosial, keterampilan komunikasi, dan perhatian.

Opini tentang musik dan penerapan nya dalam keseharian ku

Itulah kenapa disini aku mau beropini tentang cara aku mengatur emosi diriku sendiri dengan bantuan musik dalam kehidupan sehari-hari, juga bagaimana aku menerapkan nya dalam hal menenangkan suasana hati anak aku saat diperlukan.

Karena anak-anak sama halnya kaya kita orang dewasa, punya rasa bosan seketika, atau bahkan stress. Apalagi dimasa jaga jarak dalam protokol kesehatan yang wajib buat kita ga berbaur dengan banyak orang dan ngabisin banyak waktu di rumah. Manajemen emosi itu perlu banget buat kita semua. 

Kaya Haikal pas dia nunjukin rasa bosan sama mainan dia, aku selalu sempetin buat gendong dia, tepuk-tepuk pundaknya sambil bersholawat bernada sendu dan pelan, sampe dia agak sedikit tenang .. aku nyanyiin lagu anak-anak buat dia sampai dia merasa "mama... Aku uda ngrasa lebih baik.." dalam gestur tubuhnya yang minta turun balik main lagi.

Musik benar-benar ngebantu aku buat memperbaiki suasana hati anaku, juga diri aku sendiri. Kalo aku ngerasa agak suntuk sama rutinitas, aku biasanya sambil kerja sambil setel saluran radio, dengerin musik memperbaiki mood.

Musik menurutku sarana pendukung perkembangan sosial emosi dalam tumbuh kembang anak ku, Haikal.

Gimana sama suasana keluarga kalian dirumah ? Penuh dengan melodi kah? Semoga kita makin mampu mengelola suasana hati agar suasana rumah pun mengikuti 😊


Referensi:
https://www.gethealthystayhealthy.com/articles/10-health-benefits-of-music



15 komentar on "Selamat Hari Musik Nasional : Musik sebagai sarana pendukung tumbuh kembang anak"
  1. Saya juga suka dengerin musik, Kak. Namun, kalau sambil belajar enggak deh, enggak masuk. Soalnya bukannya belajar, malah nyanyi-nyanyi 😅

    BalasHapus
  2. Saya suka musik dari berbagai genre dari lagi rock sampai dangdut, dari lagu barat sampai lagu daerah saya suka. Termasuk lagu nasional di atas. Dengar lagu rayuan pulau kelapa bisa bikin nangis rindu kampung halaman, hiks. Selamat Hari Musik Nasional.

    BalasHapus
  3. Saya suka dengerin musik juga. Nadanya menentramkan terutama musik-musik rohani. Jadi berasa tenang hatinya :))

    Kalo yg lagu biasa, pilih lirik yang positif aja. Sekarang banyak lagu yang isinya serem menurutku.

    BalasHapus
  4. Mendengarkan musik menenangkan jiwa... Saya suka beberapa genre musik minus rock. Namun tetap mengapresiasi semua karya-karya musik yang banyak memberikan inspirasi dari balik liriknya. Selamat Hari Musik Nasional

    BalasHapus
  5. Bayi masih dalam kandungan aja udah diperdengarkan musik. Tapi musik juga liat-liat sih ya. Cari yang liriknya bagus. Ada pula musik yang punya pengaruh buruk misalnya liriknya tidak punya pesan positif. Pernah dengar ada lagu yang malah mendorong orang bundir misalnya. Serem kan ya.

    BalasHapus
  6. Indonesia kaya akan musik selain kaya SDA.Berbicara musik,saya lebih suka musik yang slow atau instrumen-instrumen yanh menenangkan jiwa.

    BalasHapus
  7. Musik memang jd mood booster ya, eh tp sekaligus bisa bikin makin galau bgt kalo lg galau dengerin musik yg galau hehe

    BalasHapus
  8. Zaman tahun 90an rasanya gampang banget hafal lagu2 Indonesia. Sekarang udh tua, sudah ga ngikuti lagi saya. Hehhee. Selamat hari Musik Indonesia

    BalasHapus
  9. Musik membuat hidup kita semakin berwarna dengan beragam nada yang indah. Sangat mempengaruhi emosi dan bisa membuat hal biasa menjadi luar biasa. Musik juga merupakan bahasa universal yang bisa menyatukan beragam latar belakang. ❤

    BalasHapus
  10. wah ternyata hari musik nasional ada juga ya mba, saya baru tahu dan ngeh deh. ini salah satu bentuk penghargaan ke insan yang berkiprah dalam dunia musik ya kak

    BalasHapus
  11. Ya allah , 10 lagu yg mba sebutkan di atas itu aku masih hafal loh. Kangen ya sama lagu lagu jaman dulu. Skrng lagu Indonesia tidak segreget dulu

    BalasHapus
  12. waaah selamat hari musik :) semoga musik terus berkembang yaa dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  13. Efek musik luar biasa ya, Mbak. Saya pernah ketemu artikel yang mengimformasikan bahwa musik juga berdampak positif terhadap pertumbuhan tanaman. Tapi lupa sunbernya. Selamat pagi, terima kasih telah berbagi. Doa sehat untuk keluarga di sanan

    BalasHapus
  14. Baru ngeh ada hari musik. Hehe

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9