Sejarah dan Peran Organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia PAFI

Senin, 03 Juni 2024

Saudara sepupuku lulusan apoteker yang aku tidak paham bagaimana cara dia menghafal jenis obat, nama obat, dan berbagai fungsinya. Aku bisa pastikan dia sangat pintar, berbeda denganku yang punya kesulitan mengingat sesuatu dan menghafal sejak masa sekolah dulu. Aku bangga padanya karena dia selalu menjadi orang yang dituju saat anggota keluarga kami ingin menanyakan tentang obat-obatan yang kami cari dan kami butuhkan.



Memang apoteker dan tenaga kesehatan farmasi ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat, sampai saat ini makin banyak profesi tenaga kesehatan bidang farmasi dan bahkan ada organisasi Persatuan Ahli Farmasi di Indonesia. Sebenarnya apa itu Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ?




Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI)



Sumber : pari.or.id



Sejarah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) erat kaitannya dengan sejarah Republik Indonesia. Tepat 6 bulan setelah Proklamasi Kemerdekaan tepatnya pada tanggal 13 Februari 1946 di Yogyakarta dibentuklah suatu organisasi yang dinamakan "Persatuan Ahli Farmasi Indonesia"  sebagai wadah untuk menghimpun semua tenaga yang bakti karyanya di bidang farmasi, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia selanjutnya disingkat PAFI.



Pada saat itu pengangkatan Bapak Zainal Abidin sebagai ketua PAFI untuk periode awal pendirian PAFI pada tanggal 13 Februari tersebut kemudian dijadikan sebagai hari jadi PAFI, yang sejak berdirinya hingga saat ini tahun 2024 sudah 78 tahun.




Misi dan Tujuan Berdirinya PAFI 




Tujuan berdirinya PAFI sendiri adalah :



  • Untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia .
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi Indonesia .
  • Meningkatkan kesejahteraan anggotanya.



PAFI memiliki misi turut bersama memerangi obat ilegal, mencegah terjadinya penyalahgunaan obat, penggunaan obat yang salah dengan menggalang kerjasama, koordinasi, dan kooperatif bersama organisasi profesi kesehatan lainnya agar diperoleh derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, melalui standar profesi, standar praktik, standar prosedur operasional yang berlaku serta menjunjung tinggi moral dan kode etik.




Kantor pusat kepengurusan PAFI berada di Johar Baru, kecamatan Johar Baru, Kolaka Utara, Daerah khusus ibukota Jakarta. Organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia banyak melakukan kegiatan seminar kefarmasian, webinar nasional kefarmasian, workshop pembuatan soal peningkatan kompetensi tenaga teknik kefarmasian dan memberi informasi dan solusi kefarmasian.




Saat ini kepengurusan PAFI tidak hanya berada di kantor pusat melainkan sudah ada kantor cabang per provinsi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk wilayah Maluku. 



Untuk kalian tenaga kesehatan bidang farmasi di wilayah Maluku, bisa meningkatkan kemampuan, dan menambah jaringan sesama rekan seprofesi dengan ikut gabung di Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di provinsi Maluku atau kunjungi pafiprovmaluku.org .





Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9