TIPS AMAN BERBELANJA ONLINE

Senin, 22 Februari 2021
Tip berbelanja aman di internet


Berbelanja adalah hal yang paling sering kita lakukan, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Bahkan untuk barang yang diperlukan maupun yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan namun kita sukai. Apalagi buat para mom.. jujur, karena akupun kadang masih khilaf begitu. Hihi....

Nah, perkembangan jaman nih.. banyak berseliweran iklan promo harga spesial dan promo event hari besar dan juga promo harbolnas ya kan...? Makin banyak juga platform belanja online di Indonesia, Alhamdulillah.. pertanda makin bergelora nya kompetisi bisnis yang sehat dan berkelas ya...

Nah, seperti dua sisi mata uang aja.. budaya konsumerisme pun mengimbangi nya.. 
Dunia digital, platform belanja online, promo diskon, dan lain sebagainya..

Nah, seberapa percaya sih kalian pada platform belanja online, seller nya, dan service nya????
Lalu hal apa aja sih yang sering kalian jadikan acuan sebelum berbelanja online itu sendiri agar terhindar dari penipuan???

Disini aku mau berbagi juga hal - hal yang dalam garis besar aku perhatikan dalam memilih seller sebelum berbelanja online, bisa disimak yuk...

❤️Apakah mereka memiliki situs sendiri?

Anda selidiki apakah mereka memiliki situs sendiri atau lebih baik jika anda berbelanja pada toko online yang memiliki situs dengan hosting sendiri,bukan situs gratisan. Karena itu menandakan mereka memang serius melakukan bisnis dengan membeli nama domain dan menyewa hosting sendiri. Namun tidak semua online shop di facebook adalah palsu,hanya saja lebih baik bertransaksi  dengan orang yang benar-benar anda kenal atau mereka yang telah memiliki track record yang baik,seperti memilki testimonial dari pelanggannya. 

❤️Harga yang pantas :

Pastikan harga yang ditawarkan oleh si penjual adalah harga pasaran produk. Tidak terlalu murah juga tidak terlalu mahal.

❤️Personalitas & Kredibilitas Merchant :

Reputasi bagus tidak menjamin apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak ,tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jika penjual belum mempunyai reputasi ,apalagi jika reputasinya jelek.

Merchant yang kredibel biasanya berani menampilkan alamat lengkap beserta media -media kontak yang dibutuhkan dan selalu siap sedia dimintai bantuan kapan saja .Anda juga bisa melihat kredibilitas ini melalui rekomendasi dari banyak orang yang telah menggunakan jasanya. Bisa juga dengan melihat review-review yang ada di internet.Anda bisa ketikan di Google alamat perusahaan yang bersangkutan ,kemudian bagaimana respon para pelangganya.

Bila yang anda ajak transaksi online adalah individual (seorang mandiri),anda juga dapat melihat kredibilitasnya ,minimal anda sudah mengenal  dengan siapa anda bertransaksi ,bisa lewat aktivitas bloggingnya , atau web- webnya yang membuatnya bisa dipercaya.

❤️Testimonial :

testimonial ini bisa jadi kesaksian dari para pembeli yang pernah membeli produk dari penjual tersebut,maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada). Telitilah siapa saja pembeli yang telah memberikan kesaksian,akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh orang -orang dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik.

Nah.. buat kalian yang punya tips lain hal penting lain yang kalian biasa pakai dalam hal berbelanja online.. silakan kasih ceritanya di kolom komentar ya.. sharing is caring, sharing is FUN😊

Selamat berbelanja dengan aman.
20 komentar on "TIPS AMAN BERBELANJA ONLINE"
  1. Bener nih mom, kalau belanja online untuk melihat kualitas produk biasanya saya juga lihat dari testimoni pembelinya. Kalau testimoninya positif berarti kualitas produknya juga bagus. Oya mom, makasih ya atas sharingnya

    BalasHapus
  2. Wah makasih mom atas tipsnya. Aku sekarang kalau belanja online lebih berhati-hati. Biar gak sekadar tergiur diskon, promo, harga murah. Eh ternyata zonk

    BalasHapus
  3. Makasih mom tipsnya.. Lain kali kudu ceki ceki dulu nih sebelum belanja online. .

    BalasHapus
  4. Bener banget niihh semua tipsnya..
    Harus selektif lagi..

    Oyaa..sama satu lagi, kalau mau aman belanja online..amankan juga yaa tokennya 🤭🤣🤣
    Kadang ini yg terlewat, tokennya bisa loss nanti..jadinya gak aman lagi 🤣🤣🤣

    BalasHapus
  5. Terimakasih bu tips-tips nya, untung saya jarang banget suka belanja online hehehe. Belanja online tuh butuh harus teliti untuk membeli barang dan harus dicek mana yang barang palsu atau mana yang asli.

    BalasHapus
  6. Sip.. aku suka belanja online kadang ada perasaan was was. Nah testimoni ini cukup jadi pertimbangan buat beli apa tidak

    BalasHapus
  7. Asli sih poin-poin ini benar-benar harus jadi perhatian, penting bangeg buat belanja ditempat yang terpercaya, punya testemoni bagus dan asli (karena banyak banget kasusnya pihak-pihak nakal yang bikin testi abal-abal)

    BalasHapus
  8. 3 poin penting kalau mau belanja online. Aku juga selalu memperhatikan itu. Karena pernah punya pengalaman kurang enak waktu belanja online. Jadi lebih hati-hati.

    BalasHapus
  9. Kalau aku belanaja online ke temen biasanya mba. Biar trusted hehe. Kalau pas harus paka marketplace, biasanya liat ratinf ulasan dll (meski ternyata ada yang testi abal abal ya? Huhuhu). Tapi belaja online memang solusi banget untuk belanja dari rumah soalnya ;)

    BalasHapus
  10. Makasih mbak tipsnya, dulu pernah sih ketipu pas belanja barang dengan harga yang tidak wajar gitu. Maksud hati pingin dapat barang bagus nan murah eh malah dapatnya uang ilang. Sekarang jadi makin hati-hati kalau lihat harga yang nggak wajar dari pasaran.

    BalasHapus
  11. Cara terakhir nih andalanku, wajib baca review2nya dlu, dan dri awal filter toko yg bintang 4,6 keatas

    BalasHapus
  12. Iyanih bener bangett testimoni emang penting diliat dlu. Eh tapi ada jg olshop yg punya testimoni palsuuu. Pernah kejadian di temenku nih. Akhirnya ketauan itu olshop nip huhuu

    BalasHapus
  13. Setujuu.
    Aku kalau belanja online yang pasti aku lirik ke bagian testimoninya dulu.
    Terus jumlah yang review, sama tampilan tokonya juga aku peratiin, hehehe

    BalasHapus
  14. Aku kalau belanja di marketplace, juga pasti lihat ulasan alias testimoninya dulu. Kalau banyak yang review oke, baru lanjut beli. Tapi kalau belanjanya langsung ke perorangan, biasanya pilih ke orang yang udah kenal sih. Jadi lebih percaya dan tahu bener kualitas barangnya memang oke.

    BalasHapus
  15. kadang sulit membedakan mana yang trusted atau tidak saat kita belanja online, aku pernah kena tipu sampai jutaan. padahal liat profil bio udah meyakinkan gitu. salahnya memang terlalu menggebu buat beli barangnya dengan harga murah. gak taunya kan kena tipu, karena gak fokus sama detail yang lain

    BalasHapus
  16. kalo aku lebih aman belanja online di webnya langsung atau di market place, kalo di sosial media rentan banget penipuannya...

    BalasHapus
  17. Bagus banget nih tipsnya Kakak. Memang sampai saat ini tidakterjadi ke saya, tapi melihat tulisan ini saya bakal lebih berhati-hati.

    BalasHapus
  18. Duh aku masih generasi old yanh jujur gak nyaman belanja online. Walau demikian sudah mulai dicoba sedikit demi sedikit dengan tips mba diatas.

    BalasHapus
  19. Belanja daring itu baiknya ikuti oanduan di atas. Saya juga lebih nyaman pada yang sudah dikenal baik dan punya reoutasi baik. Kalau tidak kenal kegiatannya, saya tidak akan belanja.

    Ternyata pebisnis daring juga harus bisa membangun interaksi dengan pelanggan.

    BalasHapus
  20. Mau ada website atau ngga, aku biasanya cek lagi testimoninya, karena saya juga jualan, jadi tahu mana testimony yang real mana yang rekayasa :D Saya juga cari review produknya, cari tahu harga pasarannya baik itu di medsos, atau di marketplace, kalau terlalu murah banget, wajib dicurigai.

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9