Rekomendasi Merk Clodi Ramah Lingkungan (Sustainable Living)

Selasa, 14 November 2023




pospak penyumbang sampah plastik (canva)



Dari akun Instagram @ecoton.id, yaitu sebuah organisasi konservasi lingkungan Ecoton Foundation yang mengkampanyekan tolak plastik  terutama di area sekitar sungai, mereka mengajak masyarakat sekitar  wilayah  Wringinanom, Gresik, Jawa Timur untuk kembali  mencintai sungai dan melestarikan lingkungan terutama area sungai.



Laboratorium Ecoton sendiri menyediakan jasa uji mikroplastik. Mikroplastik sendiri berasal dari sampah plastik yang telah ratusan taun terurai terfragmentasi menjadi partikel "mikroplastik" yang berdampak buruk bagi kesehatan organisme. Mikroplastik sudah mengkontaminasi pada air, sedimen, bahkan biota. Sangat berbahaya mikroplastik ini bahkan sudah masuk ke dalam rantai makanan manusia.  

 


Sampah Plastik hasil dari limbah aktivitas hidup manusia sehari-hari ini bukan cuma kemasan makanan ya, tapi pernah tidak terpikirkan oleh kalian kalau pembalut wanita dan popok sekali pakai (pospak) ini juga tidak kalah banyak ditemukan saat pihak Ecoton melakukan aksi susur sungai. 



Bayangkan berapa banyak sampah pospak yang dihasilkan kalau 1 bayi menghabiskan kurang lebih 6 pcs pospak dalam sehari ? Pospak sendiri mengandung bahan kimia juga plastik yang butuh ratusan tahun untuk terurai, lalu saat terurai terfragmentasi menjadi partikel mikroplastik dapat mencemari air sungai dan tanah.


Untuk keberlangsungan hidup manusia jangka panjang kita harus mulai sadar akan lingkungan, paham bahayanya, dan mencari solusi alternatif yang paling mungkin bisa kita lakukan, tentu saja dengan merujuk 3R ( Reduce, Reuse, Recycle ). Bagaimana bisa mengurangi penggunaan pospak, dengan mencari produk penggantinya yang bisa dipakai berulangkali setiap hari ? 



Produk pengganti pospak yang bisa dipakai berulang kali setiap hari adalah penggunaan clodi. Clodi dinilai lebih ramah lingkungan karena berbahan kain, hanya dengan membeli satu bisa dipakai berulang kali sehingga punya nilai ekonomis dan lebih hemat menekan biaya rumah tangga.



Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli clodi diantaranya:



  • Sesuai kebutuhan, apakah untuk usia new born atau toddler karena bentuknya akan berbeda.
  • Sesuai ukuran dilihat dari usia anak dan berat badan anak. Tidak terlalu longgar dan tidak terlalu sempit.
  • Perhatikan detail bahan. Bahan kain luar dan kain insert harus yang halus adem tidak kasar agar anak nyaman. Aku pribadi lebih menyukai kain berbahan cotton, bambo atau perpaduan keduanya cotton bamboo. Bahan Cotton Bamboo dapat menyerap keringat, sejuk saat dipakai, sangat halus dan lembut. Terbuat dari bahan campuran cotton dan serat bamboo. Kelebihan dari kain ini adalah anti bau, cocok untuk kulit sesitif, terasa ringan di kulit, tahan lama, elastis, ramah lingkungan. 
  • Desain clodi dan daya serap, desain clodi harus nyaman dibawa gerak, perekat tipe kuat tidak mudah lepas, volume tampung tahan berapa jam berapa lama estimasi waktu ganti clodi.
  • Harga terjangkau dan kemudahan perawatan, kain insert bisa adjustable lepas pasang agar proses pengeringan saat dijemur lebih cepat kering.
  • Review pembeli lain yang sudah lebih dulu membeli merk clodi / testimoni merk. Baca dari testimoni rating terendah dan tertinggi. Sehingga kita paham apakah sesuai ekspektasi atau tidak.




sumber: GOL Baby Indonesia 





Rekomendasi Merk Clodi Ramah Lingkungan versi aku adalah mamamoli.id, Baby Land Insert Bamboo, PemPem Cloth Diapers, dan GOL Baby Diapers.



Dengan menggunakan popok reuseable ( clodi ) kita ikut andil mengurangi sampah plastik dan sustainable living.



*Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator*

Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9