Webinar Menejemen Kebersihan Menstruasi

Jumat, 04 Juni 2021

Dalam rangka memperingati Hari Kebersihan Menstruasi yang jatuh pada tanggal 28 Mei , Organisasi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia dan Ikatan Psikolog Klinis Indonesia bersama Mundipharma Indonesia menyelenggarakan webinar dengan tema Sehat dan Bersih saat Menstruasi pada tanggal 27 Mei kemarin. Webinar ini diisi pemateri narasumber Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG(K), MPH beliau Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Ketua Ikatan Psikolog Klinis Indonesia Wilayah Jakarta, dan Mada Shinta Dewi, Country Manager Mundipharma Indonesia dipandu oleh Novita Angie sebagai Host acara. 

Webinar ini adalah bentuk nyata bahwa Mundipharma Indonesia yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan POGI, selalu berkomitmen meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia khususnya perempuan dalam program edukasi masyarakat tentang kebersihan menstruasi agar paham bagaimana menjaga kebersihan dan merawat daerah kewanitaan yang diharapkan agar terhindar dari berbagai penyakit dan masalah-masalah seputar daerah kewanitaan. Karena ternyata, fakta terkini menurut paparan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG(K), MPH masih ada beberapa yang belum paham tentang serba-serbi menstruasi terutama pada anak-anak sekolah yang baru pertama kali menstruasi/menarke. 

Ini mengingatkan aku dulu waktu pertama kali menstruasi saat SMP di pelajaran olahraga yang menuntut banyak gerak diluar kelas perasaan was-was takut tembus dan malu sama temen-temen. Ada yang sama kah??? Alhamdulillah aku jadi inget mamaku, dia tipikal orang yang higienis dan rapi, cara membersihkan daerah kewanitaan saat sedang menstruasi ataupun sudah selesai Menstruasi, cara membersihkan pembalut bekas pakai dan cara membuangnya sampai atribut tambahan yang harus dikenakan, detail semua diajarkannya, beliau berpesan pergi kemanapun, bawa satu pembalut untuk berjaga-jaga kapanpun datang mens sudah siap sedia. 🤗

Memang begitu penting edukasi tentang Menejemen kebersihan menstruasi sejak dini, yuk kita ulas satu-satu..

Apa Itu Menstruasi ?

Menstruasi adalah Kondisi yang normal dialami oleh semua perempuan, yaitu keluarnya darah selama beberapa hari (3-7) dari organ intimnya, satu periode setiap bulan nya setiap 28 hari sekali (21-35 Hari). Hal ini menandakan seorang perempuan sudah siap bereproduksi karena haid didahului dengan proses matangnya sel telur dan siap dibuahi. Darah yang dikeluarkan sebenarnya adalah lapisan dalam rongga dinding rahim yang dipersiapkan sebagai tempat menempelnya sel telur yang sudah dibuahi dan selanjutnya menjadi janin. 


Cara menjaga kebersihan masa menstruasi

Langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kebersihan daerah kewanitaan tetep bersih dan sehat saat menstruasi diantaranya :

Mencuci tangan pakai sabun saat sebelum dan sesudah membersihkan diri agar terhindar dari kontaminasi bakteri di telapak tangan kita.
Gunakan air bersih yang mengalir saat membersihkan organ kewanitaan.
Perhatikan arah dalam membersihkan usahakan basuh dari area kewanitaan bagian depan atas vertikal ke area bawah
Bila menggunakan cairan pembersih khusus daerah kewanitaan, usahakan yang memiliki Ph sesuai daerah  kewanitaan yaitu 3.5 sampai 4.5
Gunakan pembalut yang bersih dan nyaman, ganti secara berkala minimal tiap 4 jam sekali, atau ganti tiap dirasa penuh dan ganti tiap saat selesai buang air kecil.
Cuci bersih pembalut yang sudah dipakai dengan air mengalir sampai noda bekas darah haid hilang dari pembalut, lalu masukkan pembalut bekas pakai tersebut kedalam kantung plastik, buang ke dalam tempat sampah.
Mandi 2x sehari untuk menjaga kebersihan dan kesegaran tubuh.



Peran ibu dalam Mengedukasi Anak Perempuan 

Pengenalan awal Edukasi tentang Menejemen Kebersihan Menstruasi ini jelas dimulai dari keluarga yaitu Ibu, anak perempuan akan melihat kebiasaan ibu lalu mulai penasaran dan bertanya, kenapa ibunya menstruasi, lalu peran kita harus menjawab dengan jelas dengan bahasa yang sesuai dengan usianya. Pertanyaan pertanyaan berikutnya akan selalu meningkat sesuai dengan rasa keingintahuan nya, jadi memang harus dikomunikasikan berulang dan bertahap, bukan secara instant karena pembelajaran serba serbi menstruasi sudah termasuk pendidikan seksual. Kita harus menghilangkan stigma tabu dalam membahas tema ini karena semakin anak paham semakin dia bisa menjaga diri dalam pergaulan.  Lakukan diskusi saling bertanya dan menjawab dengan anak perempuan tentang hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Mencontohkan dan mempraktekkan secara konkrit apa saja yang dipersiapkan dan bagaimana caranya.

Menurut pemaparan narasumber Anna Surti Ariani , pembahasan menstruasi adalah hal sensitif untuk anak perempuan, tapi bukan berarti harus dihindari. Pembahasan menstruasi justru merupakan proses bonding yang baik antara ibu dan anak. Semakin kuat kedekatan ibu dan anak semakin mudah kita sebagai orang tua mengawasi perkembangannya. Bahkan bisa menciptakan suasana percakapan seperti seorang sahabat itu lebih menyenangkan. 

Salah satu sharing dari Mom Novita Angie sebagai host juga memaparkan bahwa anak perempuannya sudah mulai bertanya kenapa teman sekolahnya sudah menstruasi sementara dia belum, dan saat di jelaskan dengan cerita yang menarik dan diberi contoh, anak perempuan mom Novita Angie justru jadi semakin tidak sabar ingin merasakan Menstruasi seperti teman sekolahnya. Wah memotivasi Saya banget buat mempraktekkan ilmu yang aku dapet kemarin buat anak perempuan Saya kelak, aammiin ❤️


Rekomendasi Produk Pembersih Daerah Kewanitaan

Area kewanitaan memiliki perlindungan alaminya, jangan dirusak dengan pemakaian sabun mandi biasa, namun nyatanya masih ada 1 dari 2 wanita Indonesia memakai sabun mandi untuk membersihkan daerah kewanitaan. Padahal jelas Ph nya tidak sesuai. Perawatan daerah kewanitaan sangat penting maka harus memakai produk khusus. Aku rekomendasi kan produk dari Mundipharma Indonesia rangkaian produk pembersih kewanitaan, Ada 4 jenis produk diantaranya :

Betadine Feminine Hygiene Daily Protection, dengan Ph balance, Prebiotik, Paraben Free, Hypoallergenic, Gynaekologically tested.

Betadine Feminine Hygiene Red Days, saat menstruasi resiko kuman bakteri lebih banyak dan perlu Perlindungan ekstra untuk menghindari infeksi kuman dan bakteri, Betadine Feminine Hygiene Red Days dilengkapi Antiseptic PVPI 10%, Mengatasi gejala infeksi kewanitaan seperti gatal, keputihan, bau tak sedap, dan Iritasi ringan.

Betadine Vaginal Douche, mengandung PVPI 10% dipakai saat terjadi infeksi ringan. 

Betadine Feminine Wipes kemasan on the go / Travelling esensial, Mengandung Ph balance Prebiotik, Hypoallergenic, Gynaecologically tested, Flushable, Biodegradable.


Dengan rangkaian produk dari Betadine Feminine Hygiene ini merupakan #produkyangideal membantu kita mengurangi dan mengartasi masalah kewanitaan seperti gatal, bau tak sedap, keputihan, dan iritasi ringan. Kalian bisa dapatkan produk betadine Feminine Hygiene di toko official shopee dan toko official di Tokopedia.

Makasih banyak temen momi sudah berkenan membaca, semoga sharing kali ini menambah wawasan dan menginspirasi, salam momi❤️



26 komentar on "Webinar Menejemen Kebersihan Menstruasi"
  1. Terimakasih sharingya mom, bermanfaat bgt

    BalasHapus
  2. Keren banget ilmu nya, makasih yah

    BalasHapus
  3. Melihat faktanys itu miris sekali ya. Tapi, dulu saya termasuk tuh ke dalam anak erempuan yg kurang edukasi. Wkwk. Karena pembicaraan seputar menstruasi masih dianggap tabu sama ortu. Alhamdulillah ortu jaman sekarang udah nggak gitu lagi (((semogaaaa)))..

    BalasHapus
  4. Wowww sepertinya anak perempuanku sudah harus tahu mengenai hal ini. Terima kasih informasinya ya

    BalasHapus
  5. Ibulah yang memang berperan penting dalam mengedukasikan tentang menstruasi kepada anak perempuannya jangan sampai bertanya kepada temannya atau lewat internet ya

    BalasHapus
  6. Manajemen Kesehatan Menstruasi ini penting banget ya Mbak? perlunya mengedukasi ananda kita nih.

    BalasHapus
  7. manajemen kesehatan menstruasi ternyata penting banget ya buat anak perempuan. pas banget nih buat yang punya anak perempuan jelang pubertas.

    BalasHapus
  8. Aku juga ikutan webinarnya lho mam... Sangat mencerahkan dan bermanfaat ya. Jadi makin semangat untuk membagikan ilmu dan mengedukasi teman-teman agar lebih peduli pentingnya mengajarkan anak tentang apa itu menstruasi dan menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  9. seru ya, beruntung banget deh bisa ikutan webinar ini, jadi makin tambah ilmunya tentang menstruasi :) lumayan buat bekal ke anak-anak hihi

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk info yang bermanfaat ini.

    BalasHapus
  11. Kemarin aku hadir di webinar ini juga kak, dan Sebagai calon Ibu memang aku juga banyak belajar agar nantinya mampu menjelaskan tentang hal-hal terkait kesehatan reproduksi baik untuk anak perempuan maupun anak laki-laki

    BalasHapus
  12. Ini agak menohok sih pas quiz. Ternyata meski udah entah menstruasi kesekian, ga segitu taunya soal kebersihan mens

    BalasHapus
  13. waah lengkap banget kak produk dari betadine feminine care
    semoga acara sehat dan bersih saat menstruasi ini nggak hanya saat menjelang hari kebersihan menstruasi ya kak, bagus banget soalnya

    BalasHapus
  14. Lengkap ka informasinya seputaran menstruasi..aku aja baru tau kalo ganti pembalut harus 4 jam sekali

    BalasHapus
  15. Wah asyik ya Mbak, mamanya dulu ngajarin banget perihal gimana-gimana kalau pas sedang menstruasi. Dulu zaman pas sekolah, belum ada pembalut wings atau yang ukuran panjang. Jadi kalau pas sekolah sering takut tembus.

    BalasHapus
  16. Seneng sekali ya mba bisa ikut hadir di Zoominar ini, selain banyak ilmu yg didapatkan, kitapun jadi semakin tahu tentang pentingnya edukasi masalah Menstruasi.

    BalasHapus
  17. Memang ngomongin menstruasi dan kebersihan wanita masih jadi hal yang malu-malu untuk diomongin. Salut banget ada webinar seperti ini

    BalasHapus
  18. Ibu memang punya peranan penting ya mba dalam memberikan edukasi tentang menstruasi

    BalasHapus
  19. Betapa pentingnya peran ibu dalam urusan beginian, gak melulu untuk anak perempuannya, tapi juga anak laki lakinya perlu tahu dan diberi tahu oleh sang ibu. Semangat moms

    BalasHapus
  20. webinar yang sangat bermafaat ya mbak
    jadi tahu bagaimana melakukan manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi

    BalasHapus
  21. Kebetulan anakku perempuan semua, dari sini jadi tahu ternyata menstruasi pun ada manajemen kebersihan kesehatan menstruasinya juga.

    BalasHapus
  22. Jadi pembersih kewanitaan yang aman saat ini betadineini ya bunda tanpa membunuh bakteri baik di miss v. terima kasih mba sudah memberi penjelasan iniq

    BalasHapus
  23. Ah iya bener mbak, jaman pas sekolah dulu kalo pas banget lagi haid waktu pelajaran olahraga rasanya was-was banget ya takut tembus, hehe.

    Ohiya, webinar ini ngasih banyak insight banget buat aku, moga selanjutnya ada acara serupa lagi ya.

    BalasHapus
  24. Semanggaat jadi ibuuu... demi anak-anak yang melek kebersihan menstruasi dan mampu menjaga dirinya dgn baik :)

    BalasHapus
  25. Webinarnya memang menarik ya, apalagi ini materinya bagus bgt mengenai menjaga kebersihan alat reproduksi perempuan saat menstruasi.

    BalasHapus
  26. Lengkap ya rangkaian produk pembersih kewanitaan brand Betadine, jadi lega ya untuk urusan bersih bersih miss Vt

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9