Pop Mama Parenting Academy 2021: Support Millenial Parents

Kamis, 25 November 2021


Peran Orang Tua dalam Peringatan Hari Anak Sedunia



Tanggal 20 November 2021 kemarin memperingati Hari Anak Sedunia. Sudahkah mengucapkan Selamat Hari Anak Sedunia untuk anak-anak kita? Untuk Saya pribadi, adanya peringatan hari anak sedunia ini menjadi pengingat buat Saya sebagai orang tua, sudahkah Saya memenuhi hak-hak anak dengan baik? Kilas balik apa yang telah Saya berikan untuk anak, sudah optimalkah? Minimal, sudahkah Saya menahan ego dan bersabar dalam hal kecil seperti menemaninya bermain tanpa bosan, tanpa diganggu dengan kesibukan kita yang lain seperti fokus pada gadget dan lainnya. Sudah cukupkah kebutuhan gizi yang Saya berikan pada makanannya setiap hari. Sudah baikkah Saya sebagai figur orang tua untuk menjadi teladan yang baik untuknya? Banyak sekali deretan pertanyaan yang muncul dari dalam hati.

Hari Anak Sedunia juga sebagai pengingat Saya untuk bersyukur atas karunia Alloh SWT. Saya pun ikut memperingati Hari Anak Sedunia dengan membuat kartu ucapan untuk anak, saat Saya mencari kata bijak sebagai pemanis dari kartu ucapan tersebut, Saya menemukan sebuah kata mutiara dari ulama Indonesia di sebuah website. Kata mutiara dari ustad Felix Siauw.
" Ketika aku melampiaskan amarah pada anak-anak, aku khawatir itu yang terakhir mereka ingat " - Felix Siauw.

Tulisan kata mutiara dari beliau sangat menyentuh bagi Saya. Seakan membuat Saya introspeksi diri. Peran seorang ibu sangat besar dan dekat dengan pertumbuhan dan perkembangan anak secara langsung, karena waktu yang dihabiskan cenderung lebih besar dengan ibu terutama di usia anak-anak. Namun, Ibu yang dituntut multiperan oleh fitrah dan keadaan seringkali goyah rasa sabarnya saat rasa lelah menghampiri. Saya yakin, sebagian besar kita kaum wanita, kaum ibu pasti merasakan hal yang sama. 

Ibu adalah tonggak, pilar utama kunci keberlangsungan sebuah keluarga yang harmonis, damai, nyaman, untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Maka sangat penting bagi kita, kaum Ibu untuk tetap menjaga kestabilan suasana hati dan pikiran, agar meminimalisir kemungkinan kita untuk melampiaskan kemarahan pada anak-anak kita.


Popmama Parenting Academy 2021


Lalu, apa saja kiat-kiatnya ?
Menciptakan suasana bahagia dari dalam diri kita sendiri, maka kebahagiaan akan terpancar dan tersalurkan pada seisi rumah dan keluarga. Apakah kalian setuju? Memang benar, luangkan waktu untuk kita sendiri itu penting, alias 'Me Time'. Sudahkah kalian meluangkan waktu sejenak untuk 'Me Time' ? Tenang, me time ga harus pergi jauh, berikut saran Me time sederhana tapi impactfull buat kita:

Kiat-kiat menciptakan kebahagiaan dari dalam diri 


  • Tidur

Pastikan waktu tidur/istirahat yang cukup. Karena kelelahan / ngantuk sangat besar memicu kemarahan bahkan meskipun hanya hal sepele.

  • Makan makanan favorit

Kalian pasti punya makanan favorit dirumah, bisa dengan membuatnya, atau praktis membelinya. Wisata rasa dan rasa kenyang membantu meredam amarah. Kalau Saya, happy me time walau hanya menyeruput kuah mie instant tanpa gangguan apapun. 😁

  • Dekorasi / Tata Ulang Ruangan
Menata ulang ruangan sebulan sekali atau tiga bulan sekali, bisa jadi merubah suasana karena mata kita dimanjakan dengan pemandangan baru didalam rumah. Kalau memungkinkan, bisa ganti warna cat rumah. Wah, seru ya!

  • Perawatan badan
Merawat seluruh badan adalah bentuk syukur kita, sehingga kita akan merasa lebih baik, cukup perawatan dirumah/memakai riasan tipis dan memakai wewangian bentuk menghargai diri. 

  • Pillow Talk dengan Suami
Wanita punya kebutuhan untuk mengeluarkan bahasa/berkomunikasi lebih banyak daripada laki-laki. Maka saling berbagi cerita dengan pasangan adalah self healing untuk kita. Sebelum tidur, luangkan waktu bersama suami, rebahan, saling bercerita. ❤️

  • Nulis, writing for healing
Sebaiknya siapkan satu/dua buku jurnal kegiatan dan jurnal perasaan. Luapkan dalam bentuk tulisan, semua yang dipikirkan dan dirasakan anggap sedang monolog pada diri sendiri, Kita akan lebih lega.

  • Bersosialisasi dengan sesama wanita
Bersosialisasi di era digital, tidak harus berkumpul di suatu tempat. Banyak forum, perkumpulan ibu-ibu yang bersatu dalam satu hobi atau kesamaan visi dan misi di sosial media. Kebanyakan membuat komunitas dan grup untuk saling bertukar pikiran, saling support satu sama lain, saling mendukung dan berdaya. Salah satu yang Saya rekomendasikan adalah komunitas popmama.com


Popmama Parenting Academy 2021


Komunitas Pendukung Millenial Parents: Popmama.com


Popmama.com adalah portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media, perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z, yang lahir sebagai teman bagi millennial mama untuk berbagi informasi, tips, dan trik dengan banyak visual, video, list, dan humor dalam penulisan artikelnya.
Popmama.com menyajikan berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia, informasi mengenai dunia parenting, dan saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya. 
Visi dari Popmama.com adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

Pop Mama Parenting Academy 


Rangkaian Acara POPAC 2021


Pada tahun sebelumnya popmama.com berhasil menyelenggarakan Pop Mama Parenting Academy 2020 dengan sangat keren. Lalu, FYI pada tanggal 1-30 Desember 2021 popmama.com juga akan menyelenggarakan acara tahunan yaitu Pop Mama Parenting Academic 2021. Rangkaian acara Pop Mama Parenting Academy dengan tagline 'Parents Support Parents'  diantaranya :

1. Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021: Raih Hadiah Jutaan Rupiah
2. Bersama Popmama.com Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19
3. Popmama.com Segera Luncurkan Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi
4. Community Awards 
5. Popmama Little Star

Jangan sampai ketinggalan keseruan acaranya ya parents. Akan ada banyak pembicara dari narasumber yang keren tentunya. Kalian bisa melihat update detail informasi di official akun Instagram Pop Mama Parenting Academy. "Parents Support Parents".
#POPAC2021
#ParentsSupportParents


32 komentar on "Pop Mama Parenting Academy 2021: Support Millenial Parents"
  1. Melatih kesabaran itu penting untuk membangun jiwa anak yang lebih baik

    BalasHapus
  2. Aku masih naik turun soal kesabaran. Menahan nahan agar sikecil tdk kena marah. Jadi ngeri ucapan felox siauw. Semoga kita sbg orangtua bisa memberikan yg terbaik buat anak kita. Dan kelak mereka menjadi pribadi sukses dunia akhirat, aamiin allahuma amiiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget sih, mbak Betty. Saya juga masih suka naik turun soal kesabaran dalam mendampingi anak-anak. Dengan mengikuti kegiatan di popmama parenting academy, kita jadi diingatkan untuk tetap memberikan yang terbaik dalam mendidik anak-anak zaman now

      Hapus
  3. Bener banget, ibu udah kaya kunci suasana rumah, klo ibu moodnya krg baik suasana juga mengikuti suasana hati seorang ibu

    BalasHapus
  4. Bersosialisasi dikominitas yg sesuai, menjaga kita para ibu menjadi tetap waras. Betul nggak Mom? 😁

    BalasHapus
  5. Wow ....wow makin banyak gaung nya jadi makin nggak sabar dengan event keren satu ini.

    BalasHapus
  6. Pengen ikut acaranya tapi belum memenuhi syarat

    BalasHapus
  7. Quotes ustadz felix ngena banget ya. khawatir kalau itu kesempatan terakhir bicara dengan anak

    BalasHapus
  8. Aku suka nih sudut pandang bahwa ibu pilarnya keharmonisan dalam sebuah keluarga, aku setuju. Soalnya aku pun merasa, kalau mama lagi sedih ya jadi ikutan hanyut sedih, apa karena mama paling sering di rumah ya? Btw, acara popma ini bergizi banget yaa

    BalasHapus
  9. POPAC 2021 memang kerennn, pakai banget

    BalasHapus
  10. Me time.. kalau sudah sibuk di rumah dan di tempat kerja.. biasa lupa dengan diri sendiri.. trims infonya mbak.. sukses slalu..

    BalasHapus
  11. Suka sekali dengan caption dari Ustad Felix Siauw. Berasa selfplak banget, mengingat selama menjadi orangtua, stok kesabaran saya bukannya semakin bertambah, namun seringnya malah berkurang dan habis kesabaran.

    BalasHapus
  12. Lengkap banget acaranya, cocok banget nih buat para mama masa kini dan mama masa depan nambah ilmu baru

    BalasHapus
  13. Wadah berbagi tentang parenting sangat penting sekali. Popmama ini sangat memahaminya.

    BalasHapus
  14. tooss mba, sruput mie instan tanpa gangguan emg me time banget wkwk

    BalasHapus
  15. Suka dengan tema POPAC tahun ini "Parents Support Parents" ❤

    BalasHapus
  16. Parents support parents ah keren ya mbak...
    Bukaan saling julid atau meremehkan..
    Tapi slaing support agar bertumbuh bersama...
    Seneng sekarnag banyak komunitas parenting yg bisa diakses daring

    BalasHapus
  17. Banyak acaranya ya Mba.. trimkasih infonya

    BalasHapus
  18. Jika Ibu bahagia, anggota keluarga lainnya juga bahagia🤗

    BalasHapus
  19. Parents support parents, tema yang sangat menarik ya. Jangan sampai kelewat.

    BalasHapus
  20. Komunitas positif untuk masa depan yang lebih baik

    BalasHapus
  21. Aku suka membahagiakan diri dengan makanan pedas mba, enak aja gitu, bikin kringetan dan mood membaik, hehe

    btw, acara Pop Mama Parenting Academy 2021 ini sangat bermanfaat dan kaya ilmu untuk para mommy dan daddy di luar sana. Keren nih, jadi pengin ikutan juga.

    BalasHapus
  22. Jadi pengingat lagi ya mbak, sudahkah menjadi orang tua yang baik utk anak...

    BalasHapus
  23. Aaaa keren mbak ulasannya ♡, tertarik ikutan webinarny juga

    BalasHapus
  24. Bahagia itu menular, ya, kan, Mba. Harus jadi ibu bahagia dan mampu mencari jalan bahagia agar keluarga pun tertular kebahagiaan itu.

    BalasHapus
  25. seru banget acara ini. kemarin pas ikut acara webinarnya aku dapat banyak banget insight buat mendidik anak.

    BalasHapus
  26. Bener juga ya, sosialisasi sesama wanita sebagai orang tua itu penting. Dan itu bisa melalui komunitas. Thanks tipsnya mom

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9