Freelancer Menghasilkan Cuan dari Rumah

Rabu, 15 Desember 2021

 Trend Digital di Masa pandemi



Freelance Menghasilkan Cuan dari rumah


Freelance Menghasilkan Cuan dari rumah


Sudah dua tahun sejak diumumkan pandemi covid 19 masuk ke Indonesia pada Maret 2020. Untuk memutuskan rantai penularan covid 19 tersebut, pemerintah memberikan kebijakan-kebijakan baru demi antisipasi dan solusi penularan semakin menyebar ke seluruh nusantara, sehingga kebijakan untuk mengurangi kerumunan publik seperti untuk tetap dirumah, memaksimalkan aktivitas dari rumh, pembatasan zona, menutup akses publik dan bisnis perkantoran sementara, dan lain sebagainya. Dari situasi tersebut dan kebijakan pemerintah yang ada, menimbulkan gaya hidup masyarakat yang berbeda, terutama dalam hal digitalisasi. Lalu, trend digital apa saja yang timbul sejak adanya pandemi?


  • Transaksi online

Kebutuhan rumah tidak bisa didapatkan dengan membeli ke pasar dan lainnya, karena akses ke pasar dan perbelanjaan ditutup, sehingga transaksi online semakin meningkat. Berbelanja segala kebutuhan dari Hp, begitu pula UMKM dan brand lokal produk merubah cara mereka mempromosikan dan mendistribusikan produknya.


  • Pembelajaran Jarak Jauh

Anak-anak harus mengikuti pembelajaran daring mulai dari tingkatan PAUD sampai Universitas. Mereka harus terbiasa dengan teknologi, begitupun tenaga pengajar yang harus menyesuaikan menciptakan dan memberi materi pembelajaran dengan gadget.


  • Hiburan online

Lebih banyak waktu dirumah sehingga cara mencari hiburan saat bosan di masa pandemi bukan lagi pergi rekreasi melainkan mengubahnya dengan hiburan dari rumah seperti karaoke keluarga,  bioskop nobar dirumah, scrolling sosmed atau bahkan membuat konten sosmed. Hiburan online penikmat film meningkat dan pengguna sosial media pun sama.


  • Bekerja dari Rumah (WFH)

Perusahaan membuat kebijakan remote job untuk para karyawannya. Rapat virtual, launching produk virtual, zoominar, melamar dan interview kerja secara online. Seperti di LinkedIn juga peminat remote job meningkat. Bahkan ada yang mempunyai pekerjaan sampingan saat mereka melakukan WFH tersebut, seperti menjadi pekerja freelance dibeberapa tempat sekaligus karena kelebihan pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah kapan saja, dengan waktu luang yang lebih banyak.


Jenis pekerjaan yang muncul di era digital


Seorang freelance adalah seorang wirausahawan yang bekerja mandiri biasanya dia bisa bekerja dengan beberapa klien dalam satu kurun waktu dan dia dengan bebas memilih kapan dan dimana jam kerjanya. Dengan adanya budaya kerja dari rumah, banyak orang cenderung menemukan pekerjaan sampingan selain pekerjaan utama mereka diantaranya :

  • Content writer


Kerja sebagai content writer /penulis sekarang sedang banyak dicari sejak semua hal berubah menjadi serba 'Go online' . Semua perusahaan membutuhkan tenaga lebih untuk melakukan promosi, meningkatkan engagement, dan brand Awarness di social media. Content writer seorang profesional yang menulis berupa artikel, blog, berita, opini, dsb.
Potensi pendapatannya berkisar 4 - 12 juta / bulan.

  • Freelance writer


Freelance writer adalah seseorang yang menawarkan jasa menulis secara pribadi, kepada lebih dari satu klien, dan dibayar per tugas menulisnya. Kisaran potensi pendapatannya berkisar 2 - 6 juta / bulan.


  • SEO writer


SEO writer adalah profesi pada bidang penulisan yang bertugas menulis artikel dan konten yang di padukan dengan kaidah Search Engine Optimisation. Potensi pendapatannya berkisar 5 - 10 juta / bulan


  • Copy writer

Umumnya peran dari seorang copy writer adalah menulis untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa. Potensi pendapatan berkisar 3 - 15 juta / bulan.


Langkah Awal menjadi Independen Freelancer


  • Logo


Bagus kalau kita bisa mempunyai ciri khas diri kita sendiri dengan adanya logo, bisa sederhana hanya dengan inisial nama atau logo yang terinspirasi dari filosofi hidup kita sendiri.


  • Situs Web

Situs web bagus untuk menampilkan portofolio kita, layanan apa saja yang diberikan kita pada klien. Harus berisi informasi diri kita, buat sepotensial mungkin klien bisa melihat kualitas karya kita. Buat alamat website yang mudah diingat klien, website yang user friendly dengan kecepatan akses tinggi. Kita bisa membuat website lewat penyedia jasa layanan hosting dan domain terpercaya di Sahabat Hosting karena sewa domain dan Hosting Murah  dengan desain profesional dan kualitas terbaik.


Freelance Menghasilkan Cuan dari rumah
Sumber : Sahabat Hosting

Freelance Menghasilkan Cuan dari rumah
Sumber : Sahabat Hosting



  • Kumpulan portofolio / Hasil Karya

Kumpulan hasil kinerja kita dengan klien dan pekerjaan kita sebelumnya kita kumpulkan yang paling bagus dengan kesan dan pesan dari klien sebelumnya. Ini akan menjadi nilai lebih kita.


  • Kontak informasi & Kartu Nama
Kontak informasi seperti alamat email, alamat rumah, nomor telepon, dan halaman facebook dan sosial media menambah daya tarik agar klien lebih mengenal kita.

Gimana siap jadi freelancer yang bisa menghasilkan cuan hanya dari rumah??? Yuk mulai dari sekarang. 

3 komentar on "Freelancer Menghasilkan Cuan dari Rumah"
  1. Makasih ya momiput informasi nya, aku baru tau kalo ada pekerjaan semacam itu dengan bayaran yg fantastis, kupas tuntas dong mom apa aja yg perlu dilakukan untuk memulai agar bisa menjadi copy writer, hehe thanks

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat sekali ternyata ya, selain punya usaha bisnis dirumah kudu punya freelance yg jadi penghasilan tambahan..terimakaasih infonya mom :)

    BalasHapus
  3. Bener banget loh, aku juga jadi udah terbiasa kerja online dr rumah, ngaji secara online, malah msh tahap offline jd agak males gitu 😁😁

    BalasHapus

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9