Dengar Alam Bernyanyi Peringatan Hari Hutan Indonesia

Jumat, 05 Agustus 2022
Peringatan Hari Hutan Indonesia
Sumber: harihutan.id


Bulan ini tepatnya awal agustus sudah sangat jarang hujan dan cenderung panas. Terik sekali sepanjang hari ini bahkan sampai malam. Kipas angin tidak berhenti berputar-putar untukku yang kepanasan. Adakah diluar sana seseorang yang tidak mengeluhkan cuaca panas hari ini? 


Bertepatan dengan banyaknya konten instagram para penggiat dan pecinta lingkungan yang beberapa kali lewat di berandaku, mereka menyuarakan #HutanKitaSultan dengan lagu latar  "Dengar Alam Bernyanyi"


Aku baru ingat  bahwa sebentar lagi perayaan Hari Hutan Indonesia pada tanggal 7 Agustus 2022. Banyak acara-acara yang menyambut hari bermakna tersebut. Untuk mengingatkan kita betapa pentingnya peran hutan di Indonesia, dan bentuk kepedulian kita #UntukmuBumiku


Pesan Mendalam pada Lagu "Dengar Alam Bernyanyi"


Dengar Alam Bernyanyi
Dengar Alam Bernyanyi 



Seperti pada cuplikan lagu "Dengar Alam Bernyanyi" ,

Bila Kau Jaga Aku

Ku jaga kau kembali

Berhentilah Mengeluh

Ingat, kau yang pegang kendali

Kau yang mampu obati

Sudikah kau kembali?


Menarik ya syair lagunya, bila kau menjaga kelestarian hutan, maka hutan akan memberikan banyak manfaat untuk manusia juga, memang begitulah timbal balik sebuah ekosistem. Saling memberi manfaat, seperti simbiosis mutualisme. 

Seperti yang aku keluhkan diatas ya bahwa kita ngeluh sama cuaca, kepanasan, dan lain sebagainya. Dalam syair lagu ini kita disadarkan untuk tidak mengeluh dan kembali ambil kendali kembali bertindak bahwa kita manusialah yang memegang kendali atas keberlangsungan hidup di bumi menjadi yang lebih baik. Kita yang lalai merusak bumi dan hutan untuk kepentingan hidup kita maka kita harus kembali merawatnya secara terus menerus. Agar manfaat Hutan Indonesia tetap terjaga.


Manfaat Hutan bagi Kehidupan Manusia


Hari Hutan Indonesia
Sunber: harihutan.id



Dilansir dari laman katadata, Berikut ini beberapa manfaat hutan bagi keberlangsungan hidup manusia di bumi diantaranya :


  • Menyediakan Udara Bersih. Seperti kita tahu dulu dalam pelajaran biologi bahwa pohon mampu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen yang kita hirup, maka tidak heran bahwa hutan di Indonesia disebut paru-paru dunia. Karena paling luas bahkan tidak hanya bermanfaat untuk Indonesia tetapi berkontribusi pada keberlangsungan hidup di dunia.

  • Mencegah pemanasan global. Suhu panas bumi yang semakin meningkat karena emisi karbondioksida yang tinggi, saat suhu panas bumi tinggi, mengakibatkan es kutub meleleh, air laut naik dan berpotensi menenggelamkan kota-kota pesisir pantai. Suhu panas air laut juga merusak terumbu karang sebagai ekosistem laut. Maka dengan lebih banyak pohon di hutan, makin luasnya hutan, akan mendinginkan bumi dan mencegah pemanasan global.


  •  Mencegah Banjir. Hutan adalah daerah resapan air. Hutan yang lebat saat musim penghujan mampu diserap oleh pohon kedalam tanah sehingga tidak menggenang dan tidak terjadi banjir. 

  • Hutan mencegah tanah longsor. Karena akar pepohonan mencengkeram dengan kuat kedalam tanah. Dan menyerap kadar air berlebih maka membuat tanah kokoh dan kuat tidak mudah longsor.


  • Hutan menyediakan hujan. Hutan mampu menyerap air yang berlebih dan melepaskan kembali ke udara dan semakin luas hutan tersebut, maka mempengaruhi curah hujan.

  • Hutan menyediakan pasokan air minum. Kemampuan hutan menyerap air dan menahannya dalam tanah, dan dari lapisan tanah tersebut terdapat lapisan alami seperti batu pasir dan lain lain yang mampu menyaring air hujan menjadi lebih jernih dan bersih yang dapat kita konsumsi untuk air minum. Sehingga tidak heran penyedia air minum mengambil pasokan air dari pegunungan karena pegunungan memiliki hutan lebat yang mampu memurnikan air.

  • Hutan penyedia makanan. Hutan tempat keanekaragaman hayati hidup. Juga menyediakan berbagai varietas tanaman yg tumbuh liar dan bisa digunakan sebagai bahan makanan fauna disana juga manusia.

  • Hutan menyediakan obat. Berbagai macam tumbuhan dan pepohonan yang banyak kandungan khasiat secara herbal ada didalam hutan. Sekitar 70% tanaman yang mengandung zat anti kanker juga berasal dari tanaman hutan.

Dan masih banyak lagi manfaat hutan bagi keberlangsungan hidup manusia.  Termasuk fungsi rekreasi, dimana banyak peminat para millenial yang hobi naik gunung, camping di hutan. Untuk merefresh kembali dari rutinitas sehari-hari. Karena hutan sejuk banyak pasokan oksigen disana.

Dalam lirik lagu "Dengar Alam Bernyanyi" juga disebutkan untuk kita, 

Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi 


Kadang kita terlalu terlena sibuk dengan gawai, berlama-lama didalam rumah, padahal kita bisa menikmati udara diluar, banyak wisata hutan. Dan sambut mesranya bisik angin yang bernada. Dengar Alam bernyanyi. 


Karena saat pembuatan lagu ini, ketiga komposer lagu yaitu  laleilmanino ini juga berwisata ke hutan dan bisa merasakan langsung keindahan dan atmosfir yang berbeda didalam hutan itu sendiri.

 

Ketiga komposer lagu #DengarAlamBernyanyi yaitu laleilmanino ini menggandeng HiVi , Chico Jericho, Sheila Dara. Membawakan lagu dengan indah, dan mudah disukai banyak orang, dan membawa pesan yang dalam. #TeamUpforImpact




Kontribusi yang dapat Dilakukan Kita dalam Pelestarian Hutan


Dalam memperingati Hari Hutan Indonesia ini semoga makin membakar semangat para generasi muda kaum milenial untuk mau ikut andil dan mencintai merawat hutan Indonesia.


Ada banyak penggerak atau komunitas pecinta alam diberbagai kota.  Tidak ada salahnya kita ikut bergabung ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan di bumi ini. 


Seperti ikut andil dalam program reboisasi hutan, program menanam pohon didaerah sekitar, dan gaya hidup minimalisme dan zero waste. Serta ikut memerangi ancaman perusakan hutan seperti penebangan liar, kebakaran hutan, dan lain-lain. #IndonesiaBikinBangga 


Jangan lupa kalian untuk mendengarkan lagu Dengar Alam Bernyanyi di platform musik seperti di Spotify dan Apple Music karena semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut maka akan semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia. #TeamUpforImpact

Kalian juga bisa ikut menyuarakan opini kalian dengan ikut lomba penulisan artikel di blog yang diadakan oleh @hutanituid dan @bloggerperempuan.

Kalian bisa cek ketentuannya di official Instagram @bloggerperempuan 


"SELAMAT HARI HUTAN INDONESIA"


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

Terimakasih banyak atas kunjungannya, semoga bermanfaat.
Silakan komentar dengan kalimat bijak, jangan tinggalkan link hidup agar blog ini tetap sehat, salam kenal😊

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9